Saat Kenyataan Tak Sesuai Dengan Harapan

Kenyataan Tak Sesuai Dengan Harapan

Setiap manusia telah ditakdirkan sebelum manusia itu sendiri dilahirkan. Apapun yang kita lakukan, perbuat ataupun pilihan kita, semuanya telah tercatat dalam suratan takdir. Bahkan tinta yang menuliskan sejarah atau kisah hidup kita tersebut sudahlah mengering dan menyatu dengan kertas.

Banyak orang yang mengejar kesenangan duniawi. Tak jarang ada orang yang menggapainya dengan segala cara dan upaya walaupun dengan kecurangan dan kebodohan yang merugikan orang lain.  Orang-orang tersebut memilih jalan pintas dalam usahanya mencapai puncak kejayaan -kesuksesan- atau lantai tertinggi dalam kehidupan.

Sudah menjadi rahasia umum jika dijaman ini banyak orang yang memilih jalan tersebut. Namun tak jarang pula ada orang yang berusaha sekuat tenaga dengan keringat dan jerih payahnya untuk membangun kejayaannya sendiri walaupun harus mengorbankan banyak hal dalam dirinya tanpa mengorbankan orang lain.

Menjalani hidup ini tidaklah sulit jika kita terus berdoa dan berusaha. Namun terkadang kita diberi cobaan dalam hidup agar kita berusaha untuk menyelesaikannya dan belajar dari masalah tersebut dengan mengambil hikmah dari setiap cobaan. Adanya cobaan pun memberi warna dalam hidup kita yang terlalu monoton.


Kenyataan Tak Sesuai Dengan Harapan

Hampir setiap manusia mengalami masalah akan perekonomian. Disini saya membahasnya lebih spesifik, yaitu tentang uang. “Uang bukanlah segalanya akan tetapi segalanya membutuhkan uang”. Mungkin kalian pernah membaca atau mendengar kata-kata mutiara -Quotes- tersebut. Uang dapat membeli segala kebutuhan sehari-hari kita bahkan ada yang mengatakan bahwa uang dapat membeli segalanya, akan tetapi tidak untuk kebahagiaan yang sejatinya datang walaupun tanpa adanya uang.

Memang dijaman yang serba canggih ini, uang mengambil peran yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Tak hanya sebagai alat transaksi, uangpun dapat menentukan derajat hidup seseorang. Bahkan saking berpengaruhnya uang dalam kehidupan, sebagian orang (bodoh) mengagungkan dan menyembah uang sebagai tuhan mereka, walaupun tak secara langsung.

Bukannya ingin bersifat munafik, saya juga membutuhkan uang untuk segala kebutuhan atau keperluan hidup. Namun saya tak pernah dan tak ingin mengagungkan uang bahkan melakukan segala cara -baik halal maupun haram- untuk mendapatkannya. Hidup ini lebih berarti dibandingkan setumpuk kertas atau logam yang bergambarkan sosok seseorang dengan jumlah nominal. Kita diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar dibandingkan hal semacam ini.

Banyak orang jujur yang harus membanting tulang dan bermandikan keringat untuk mendapatkan uang, akan tetapi hasil yang didapatkan tak sesuai dengan semua jerih payah tersebut. Namun sebagiannya lagi hanya duduk santai diruangan ber AC. Sungguh perbedaan yang sangat mencolok antara kerja dengan otot dan kerja dengan menggunakan otak.

Akan tetapi dibandingkan keduanya, ada orang yang kerjanya hanya tidur, mengatasnamakan pekerjaan untuk mendapatkan liburan dan menghabiskan uang orang lain untuk keperluan dan kebutuhannya sendiri, tanpa memikirkan dampaknya bagi orang lain. sungguh egoisnya orang seperti itu yang merampas hak milik orang lain.

Terkadang saya berpikir jika hidup itu tidaklah adil, ada yang bekerja keras susah payah untuk mendapatkan hal yang diinginkan namun kenyataannya berkata lain. Namun ada pula yang tidak terlalu bekerja keras bahkan tak ada niat untuk mendapatkan sesuatu akan tetapi malah mendapatkannya.

Seperti halnya cerita teman saya yang mengatakan jika dia selalu berusaha untuk mendapatkan keinginannya agar dapat bersekolah di SMA favorit akan tetapi justru temannya lah yang mendapatkan impiannya tersebut. Pikirnya, teman dia itu tak terlalu pintar. namun kenyataannya, temannya itu mendapatkan apa yang dia inginkan. Sedangkan dia, justru harus mengalah karena nilai yang didapat terbilang masih dibawah temannya tersebut.

Sayapun pernah mengalami hal tersebut namun dalam masalah yang berbeda. Kita tak tau usaha apa yang telah ia (orang sukses) lakukan, mungkin dia lebih berusaha dibandingkan kita. Karena sesungguhnya kita hanya bisa menilainya ketika ia sukses tanpa tau apa saja yang pernah terjadi dibalik layar kesuksesannya tersebut.
Ataupun masalah seseorang yang tak berniat mendapatkan sesuatu namun kenyataannya justru mendapatkan hal yang kita usahakan dengan susah payah. Mungkin Tuhan sedang merencanakan sesuatu yang lebih baik dibandingkan masalah tersebut karena Tuhanlah sebaik-baiknya perencana.

Dari hal tersebut kita dapat menghargai sesuatu karena kita merasakan lelahnya untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Dibandingkan orang lain yang mendapatkannya secara percuma. Seperti halnya salah satu teman blogger saya yang menyatakan jika sudah bosan bermain dengan google adsense karena penghasilannya yang sedikit. Padahal saat ini saya telah melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Mungkin jika saya sudah mendapatkannya, saya akan lebih bersyukur karena telah mencapai salah satu keinginan saya walaupun berapapun hasil yang didapat.

Dulu saya pernah tumbang karena masalah seperti ini. Saya terlalu optimis dengan semua harapan dan rencana yang telah saya susun, namun tak pernah mempersiapkan diri untuk kegagalannya. Hal tersebut membuat saya menjadi seorang yang pesimis. Namun kenyataannya, jika saya pesimis, justru saya meng-iya-kan sebuah takdir akan kekalahan. Karena pesimis itu seseorang yang mudah menyerah.

Takdir sebenarnya kitalah yang buat namun semuannya telah tercatat. Begitupun sebuah harapan, berharaplah setinggi-tingginya namun harus dibarengi dengan sebuah persiapan, baik itu kegagalan maupun sebuah keberhasilan. Ibarat katanya, harapan adalah doa dan persiapan adalah usaha. Jadi teruslah berdoa walaupun usaha yang kita lakukan belum membuahkan hasil atau gagal sekalipun. Karena Tuhan ingin melihat kita bangkit dari keterpurukan. Tuhan tidak akan memberi cobaan diluar batas dari kemampuan umat-Nya.

Yah, Kenyataan memang tak sesuai dengan apa yang kita harapkan, namun bukan berarti itu lebih buruk. Percayalah, Tuhan akan memberikan sesuatu yang lebih baik dibandingkan apa yang kita harapkan.

Kata kunci
» Keinginan tak sesuai harapan
» kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan disebut
» kenyataan tak seindah harapan
» kata tidak sesuai harapan
» motivasi uang bukan segalanya
» uang bukan segalanya
» pendapat tentang uang adalah segalanya
» kata kata uang tidak menjamin kebahagiaan
» kata kata indah uang
» kenyataan hidup
» saat harapan tak sesuai kenyataan
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Kaka Kiky
admin
2/14/17, 9:45 PM ×

Bener banget kak... Uang bukanlah segalanya.. tpi segalanya butuh uang... #Fact

Reply
avatar
M Rizky
admin
2/14/17, 10:32 PM ×

Ya begitulah hidup, terkadang kenyataan tak sesuai dengan harapan kita. Teruslah berdo'a dan pantang menyerah walaupun usaha belum membuahkan hasil. so, tetaplah berbaik sangka kepada Tuhan,mungkin Dia telah menyiapkan skenario yang lebih indah dan jauh lebih baik daripada apa yang kita harapkan.

Reply
avatar
2/15/17, 10:35 AM ×

Hidup memang begitu... Hidup itu keras... Saya sangat suka Debgan kata katanya “Uang bukan segalanya, tetapi Segalanya membutuhkan uang” Thank

Reply
avatar
Admin MY
admin
2/15/17, 10:36 AM ×

Betul gan, selama kita selalu berpikir positif kepada kehendak Tuhan, pasti diberikan kemudahan atas semua cobaan karena disetiap cobaan pasti terdapat hikmah didalamnya. Terima Kasih sudah berkomentar

Reply
avatar
Admin MY
admin
2/15/17, 10:40 AM ×

Iya memang begitu faktanya dijaman sekarang, Terima kasih sudah mau berkunjung dan berkomentar..

Reply
avatar
Admin MY
admin
2/15/17, 10:42 AM ×

Selama kita memegang teguh kepercayaan kepada karunia Tuhan, pasti Dia akan meringankan beban yang ada pada hidup kita karena -diambil dari kutipan diatas- Tuhan tidak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan umat-Nya. Terima kasih sudah mau berkunjung dan berkomentar..

Reply
avatar
Terima Kasih Atas Komentarnya