Motivasi Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Motivasi Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Cara Memotivasi Diri Sendiri dan Orang Lain - Terkadang kita lelah akan suatu permasalahan yang tak kunjung membaik atau tak dapat diselesaikan. Kita merasa putus asa akan masalah tersebut yang semakin lama semakin membuat kita terpuruk. Masalah tersebut terus-menerus mengakar, seperti halnya mati satu tumbuh seribu. Selesai satu, namun datang lagi permasalahan lain yang bersangkutan.

Hal tersebutlah yang membuat kita tumbang dan menyerah akan takdir. Kita merasa seolah-olah masalah yang kita hadapi itu masalah terberat yang pernah ada dimuka bumi ini dibanding permasalahan orang lain. Kita berpikir bahwa sesungguhnya kita telah melakukan segala cara dan upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut namun apa daya, masalah tersebut malah menggrogoti pikiran kita.

          Sebenarnya cara pemikiran itu salah besar. Tuhan memberikan kita sebuah cobaan berupa masalah sekaligus dengan solusinya. Walaupun solusi tersebut tak langsung ditampakan atau dapat dilihat dengan kasat mata. Setiap cobaan memiliki tingkat penyelesaian yang berbeda, tergantung dari pemikiran dan daya upaya yang kita lakukan untuk menyelesaikannya.

Setiap manusia diberi cobaan yang berbeda, namun dalam kadar yang sama. kita sendirilah yang berpikir bahwa masalah tersebut sulit dipecahkan. Padahal jika kita berpikir positif dan belajar dari masalah sebelumnya, kita pasti dapat menuntaskan segala macam masalah kehidupan.

Seperti halnya dalam tingkatan pembelajaran dalam mengenyam pendidikan, jika kita bisa menuntaskan ujian, maka akan diberikan ujian lagi yang levelnya semakin meningkat. Namun semua itu sudah diatur oleh Tuhan dengan sedemikian rupa agar kita dapat menyelesaikannya karena Tuhan tak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan umat-Nya.

Tuhan hanya ingin melihat kita berusaha dan berdoa, bukannya pasrah dan putus asa akan kehendak-Nya. Sebuah masalah dapat menghancurkan kehidupan kita yang telah dibangun sejauh ini. Akan tetapi dari sebuah masalah juga kita dapat tumbuh menjadi seorang yang bijak dalam menanggapi masalah. Cara paling ampuhnya ialah memotivasi diri sendiri agar dapat terus berpikir positif dan dapat menyelesaikan masalah dengan kearifan dan daya pikir yang jauh lebih dewasa.

Beberapa cara dapat memotivasi kita untuk terus semangat berjuang menghadapai problema duniawi seperti halnya.

      1.     Membaca buku tentang orang-orang yang berjuang untuk mencapai kesuksesan.

Cara ini dapat membuat kita lebih bersemangat akan suatu permasalahan karena kita dapat belajar dari pengalaman orang lain yang telah jatuh bangun untuk mencapai segenap cita-citanya. Kisah seorang yang sukses dapat men-suggest atau menginspirasi pemikiran kita untuk terus mengembangkan diri kita demi mencapai sebuah kesuksesan. Namun jangan pernah lupa jika setiap kesuksesan pasti diawali dengan sebuah kegagalan. Anggaplah kesuksesan sebagai bonus dari perjuangan kita yang bisa bangkit dari keterpurukan karena kegagalan mengajarkan kita untuk terus berusaha bukannya mematahkan semangat kita.


      2.     Belajar dari sebuah kegagalan

Orang bijak adalah orang yang dapat bangkit dari keterpurukan. Sebuah kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Ini merupakan awal yang baru untuk kita dapat memperbaiki masalah yang akan selalu datang silih berganti. Kegagalan mengajarkan kita untuk terus percaya pada sebuah keberhasilan. Selalu ada pelangi setelah datangnya hujan badai. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Mungkin kalian pernah mendengar atau membaca kata-kata mutiara seperti tadi, memang benar sebuah kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda karenanya kita harus percaya bahwa selalu ada keberhasilan jika kita sungguh-sungguh ingin meraihnya. Hasil tak akan pernah mengkhianati proses jika kita melakukan sesuatu dengan mengerahkan segala kemampuan yang kita bisa dan menyerahkan semuanya pada kehendak ilahi karena sesungguhnya kita hanya dapat berusaha dan berdoa.

      3.     Dukungan orang lain

Carilah seseorang yang dapat memotivasi kita. Seperti halnya orang yang kita cintai, pikirkan jika kau melakukannya bukan hanya untuk kebahagiaanmu semata, namun juga untuk orang-orang yang kau cintai. Atau seorang mentor yang dapat memotivasi kita dengan memberikan saran dan kritikan mengenai diri kita. Apa yang salah, apa yang harus diperbaiki, karena sesungguhnya lebih mudah menilai orang lain dibandingkan menilai diri sendiri.

      4.     Percaya akan diri sendiri

Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu yang dikiranya baik. Percaya akan diri sendiri merupakan motivasi terbaik dalam diri kita. Jika kita sendiri tak percaya akan segala kemampuan dalam diri kita, terus siapa lagi? Sudah seharusnya kita melepaskan rasa kurang percaya diri dalam diri kita. Apapun yang telah dilakukan, percayalah bahwa hal itu merupakan sesuatu awal yang baik untuk kita.


           Motivasi bisa didapatkan darimanapun, terutama orang-orang disekeliling kita. Hal sepelepun terkadang dapat memotivasi kita untuk terus bersemangat disetiap harinya. Kenalilah dirimu sendiri, ambil masukan dari orang lain dan perbaiki apa yang salah dalam diri kita. Buang semua cacian dan makian orang lain, karena sebenarnya mereka mencintai kita namun dengan cara yang salah. Meskipun terkadang kenyataan tak sesuai dengan harapan, jika kita terus berusaha dan berdoa kepada Tuhan, maka kita akan diberikan kemudahan dalam menghadapi semua masalah. Motivasi terbaik adalah percaya pada rencana Tuhan, karena Tuhan-lah sebaik-baiknya perencana.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya