Perjalananku Menjadi Seorang Blogger Sejati

Perjalananku Menjadi Seorang Blogger Sejati

KisaHidup.com - Menjadi seorang blogger sejati tidaklah mudah. Butuh kerja keras, perjuangan, pengorbanan dan semangat yang luar biasa dalam mencapainya. Kalimat tersebut hanya disampaikan oleh seorang blogger newbie yang baru mengenal dunia blog beberapa tahun lalu. Berusaha mendapat penghasilan dari dunia maya, akan tetapi terjebak oleh nuansa nikmatnya ngeblog.

Cerita singkatnya sudah dijelaskan dalam artikel Belajar Menjadi Seorang Blogger. Dimana kini menulis merupakan hobi baruku. Menambah kosa kata dalam setiap artikelnya. Hal tersebut merupakan salah satu ilmu yang kudapat melalui menulis. Meskipun baru 2 tahun didunia blogging, ilmu yang kudapat masih lah dibawah mastah-mastah blogger yang sudah berpengalaman dalam teknik-teknik menahlukan mesin pencari dan para pembacanya.

Masih dalam tahap belajar lebih tepatnya dan masih mencari ilmu baru setiap harinya dari sahabat blogger lainnya. karena orang yang berpengalaman bukan dilihat dari seberapa lama ia bekerja, Namun seberapa banyak ilmu yang didapatnya. Percuma sudah lama berkecimpung didunia yang digeluti, akan tetapi ilmu yang didapat masih stagnan ditempat atau hanya sedikit ilmu yang didapat tanpa berusaha untuk mengembangkannya. 

Blog Yang Kumiliki

Nuansa berbedapun terasa setiap pembuatan artikel barunya. Apalagi ketika membuat artikel untuk blog ini, yang mengharuskanku menuangkan semua isi dikepala dalam bentuk kata-kata. Kebetulan saya memiliki 2 blog yang sudah dibesarkan sedari dulu, blog pertama ialah Mbahsinopsis.id, blog yang sudah ada dari pertamakali ketika saya bertekad untuk menjadi seorang blogger. Blog yang berisikan informasi seputar dunia film box office dan blockbuster dan merekomendasikan film-film untuk ditonton berupa sinopsis, trailer, serta informasi penting lainnya tentang film yang akan datang. Dan untuk kedepannya, saya juga akan berusaha untuk mereview film.

Dan blog kedua ialah blog personal ini, kisaHidup. Blog yang dibuat untuk menceritakan semua kisah-kisah yang pernah kualami yang sekiranya dapat menambah wawasan bagi pembacanya. Namun para pembaca juga dapat berbagi kisahnya jika merasa ingin untuk membaginya, untuk identitas pengirim dapat saya rahasiakan jika diinginkan.

 

Awal Perjuanganku Untuk Mendapatkan Google Adsense

Dibuatnya artikel ini karena bertepatan dengan tercapainya salah satu cita-cita yang saya harapkan sedari dahulu ketika pertamakali mengenal dunia blog. Harapanku ialah diterima oleh mba GA (Google Adsense). Setelah permintaan berkali-kali selalu ditolak dengan waktu yang cukup lama telah dihabiskan untuk menjadi seseorang yang mba GA inginkan, akhirnya blog ini dapat diterima olehnya. Terasa menjadi seorang blogger sejati meskipun belum sepenuhnya, karena rintangan yang sesungguhnya baru akan dimulai.

Berawal dari permintaan melalui blog mbahsinopsis yang sudah lebih dari 20 kali dibalas dengan penolakan melalui berbagai alasan. Akan tetapi yang sering tertulis diemail ialah, konten tidak memadai. Banyak para mastah yang berkata jika blog film susah untuk diterima oleh mba GA. Mungkin ada benarnya, karena tiap arikel yang kubuat tidak lebih dari 500 kata. Ditambah lagi saingan yang banyak dengan kosa kata yang hampir sama. Karena mengacu pada sumber yang sama.

Setahun kusia-siakan hanya untuk mempelajari kriteria yang diinginkan mba GA dengan memperbaruhi isi tiap artikel mbahsinopsis. Pasrah dan tak dapat berbuat apa-apa karena yang kulakukan semuanya percuma, email penolakan kembali kuterima. Entah sudah email keberapa.

Disamping blog mbah yang mulai ramai, kucari kesempatan dengan memasang iklan dari tempat lain. Kuharus bisa move on dari mba GA. Akan tetapi tak ada yang cocok untuk blogku. Iklan yang kupasang kebanyakan mengusir para pengunjung setiaku. Tak hanya itu, adapula iklan yang menayangkan hal-hal menjijikan (iklan dewasa) yang sangat mengganggu. Yang paling parah ialah ketika kupasang iklan banner dari sebuah situs penyedia iklan biasa, akan tetapi membuat blogku menjadi deindex dari mesin pencari, mbah google. Hilang semua artikelku di google, terutama yang kusayangkan ketika beberapa artikelku telah sampai di page one, halaman pertama.

Memang tak ada yang lebih menggiurkan dari mba GA, tak ada yang lebih menggairahkan dibandingkan mba GA. Dan pada akhirnya, saya gagal move on. Disamping itu telah kubuat blog baru yang sekiranya dapat menjadi tempat curhatanku. Kumulai semua dari awal. Blog tersebut bernama MY True Story, yang sebenarnya MY merupakan kepanjangan dari namaku. Namun jika blog ini berkembang, saya tak ingin curhat sendiri. Para pembaca juga dapat curhat disini, maka dari itu nama kisahidup terlintas dibenakku.

Pertamakali melihat blog ini telah berkembang, saya sangatlah bangga karena pada akhirnya saya bisa membuat sebuah artikel murni dengan kosa kata saya sendiri tanpa campur tangan orang lain. Lebih bebas berekspresi dan mencurahkan semua disini. Pada awalnya pun tak ada satupun temanku yang mengetahui curhatanku ini. Namun salah satu teman bloggerku mengajarkan untuk tak malu dalam mencurahkan hati, selama itu tak melewati batas dari kewajaran. Sebenarnya malu ketika teman-temanku telah mengetahui semua curhatanku, terutama artikel tentang kisah cinta yang diambil berdasarkan kisah nyataku.


Pertamakali Keterima Google Adsense

Kembali lagi kemasalah mba GA, blog MY True Story mengirim permintaan kepada mba GA dalam domain yang masih blogspot. Setelah 4 kali penolakan, akhirnya permintaan ke 5 mba GA menerima blogku yang sederhana ini dengan kriteria yang diinginkan seperti navigasi yang jelas, sitemap, disclaimer, privacy policy, about, contact dan juga beberapa widget yang dipasang seperti artikel populer, label, archive, dan about me seperti yang bisa dilihat dalam blog ini. Sedikit saran dari teman blogger saya, jangan memasang widget fanpage fb. Ntah kenapa tapi memang benar keterima pada saat saya melepasnya.
Perjalananku Menjadi Seorang Blogger Sejati
Akun Google Adsense Hosted
Permintaan pertama diajukan pada awal bulan januari dan permintaan akhir diajukan pada bulan april. Sekitar sebulan kurang waktu yang kuperlukan untuk benar-benar memperbaiki blog ini agar mba GA lebih tertarik. Selama masa review, saya hanya update 1 artikel saja.

Senang bukan kepalang, akan tetapi baru disadari jika yang kudapat adalah akun GA hosted. Yang berarti hanya dapat menampilkan iklan di blog domain blogspot karena tujuanku ialah menanyangkan iklan mba GA di blog berdomain TLD seperti mbahsinopsis.id

Alasannya karena blog si mbah sudah mempunyai pengunjung yang lumayan tinggi dengan stabil dibandingkan blog ini yang pengunjungnya masih dapat dihitung dengan jari.


Upgrade Akun GA Hosted ke Non-Hosted

Kegembiraan ini untuk sementara waktu harus ditunda. Percobaan pertama pengiriman permintaan untuk peningkatan ke akun non hosted kulakukan setelah beberapa hari. Dan dugaanku akan langsung diterima, ternyata salah besar. Teman bloggerku berkata jika peningkatan ini lebih sulit dibandingkan sebelumnya. Entahlah, akan kucoba dengan cara yang sama seperti penerimaan pertama, yaitu perbaikan selama kurun waktu 3 minggu. Dengan selalu update artikel, akan tetapi tiap bulan targetku hanya 3 sampai 4 artikel saja. Seperti yang bisa kalian lihat dibagian archive pada blog ini. tak lebih dari 4 artikel/ bulannya. Hal tersebut karena artikel dalam blog ini benar-benar dari kepala saya, jadinya tergantung mood yang saya miliki.

Penolakan tersebut berkata jika Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google. Wah, makin pening kepala karena apa lagi yang salah dengan blogku ini. memang dari luar blog ini cukup baik akan tetapi terdapat penyakit didalamnya. Saran dari mastah blogger yang kutanya, sebenarnya blogku terdapat artikel yang melanggar kebijakan mbah google. Dan setelah salah satu artikel kuhapus, penolakan berganti dengan kata yang sangat lumrah kembali, “konten tidak memadai”. Again? Come on mba GA..

Memang blog saya kurang tanpa, tapi tolonglah beri aku penjelasan yang lebih spesifik agar kutahu kesalahan yang blog ini miliki sebenarnya. Mastah yang membimbingku berkata jika sebenarnya kontenku memang kurang, bukan permasalahan isi konten artikelnya karena sudah lebih dari 500 kata dan terdapat gambar original buatan sendiri tiap artikelnya. Gambar tak sepenuhnya buatan sendiri karena ada yang diambil dari situs penyedia gambar tanpa hak cipta dan sedikit kuperbarui melalui photoshop.

Permasalahan sebenarnya ialah kurangnya jumlah artikel yang kumiliki, karena jumlah artikelku hanya terdapat 20 postingan saja. Targetku mencapai 25 artikel untuk kudaftarkan kembali dengan isi yang lebih berbobot dan banyak dicari. Pada akhirnya, artikel ke 25 menutup perjuanganku untuk mendapatkan cinta dari mba GA. Tepat pada tanggal 27 juni 2017 atau satu hari setelah lebaran, mba GA menerima pinanganku. Selama masa review hampir satu bulan, yaitu pada awal puasa hingga akhir puasa barulah ia membalas. Berkah Ramadhan masih terasa untukku.
Perjalananku Menjadi Seorang Blogger Sejati
Akun Google Adsense Non-Hosted

Terima kasih untuk semua orang yang telah mendukungku untu mencapai salah satu harapan terbesarku tahun ini. ia adalah Mas Bebe, CEO dan Founder dari website Paguphone.com dan Mas Yuldi Pahla, CEO dan Founder dari website Tutortatut.com yang telah memberi masukan dan bersedia membalas konsultasi saya hingga tercapainya harapan terbesar saya ini.

Epilogue

Sebuah kesuksesan memang harus memerlukan pengorbanan seperti kata pepatah, “sebuah kemenangan perlu pengorbanan”.  Pengorbanan itu bisa berupa waktu ataupun kuota yang dihabiskan. Tak hanya pengorbanan, kesabaran dan semangat untuk terus berjuangpun sangat diperlukan. Karena mendapatkan kesuksesan tidaklah mudah dengan cara singkat, butuh waktu untuk kita belajar, berkembang dan maju tiap langkahnya sampai tercapainya kesuksesan tersebut.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah, diharapkan untuk berkomentar yang relevan dan dilarang untuk SPAM. Insya Allah akan saya balas langsung dibawah komentar Anda. Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
bebe jozz
admin
7/4/17, 2:42 PM ×

wow,, mantab om,, selamat jadi seorang blogger sejati,, ane ikut terharu bacanya om :) sukses selalu om :) 👍

Reply
avatar
Admin MY
admin
7/4/17, 4:04 PM ×

Hehe.. Makasih banyak juga om atas bantuannya selama ini..

Reply
avatar
Iezel Lee
admin
8/11/17, 3:19 PM ×

selamat yak..dibalas cinta oleh mba GA emang bagus..
tapi itu hanya awal..
perjuangan yang sebenarnya baru akan dimulai..
yaitu menarik hati para pengunjung.
semangat jadi blogger sejati

Reply
avatar
Admin MY
admin
8/12/17, 4:46 PM ×

Iya gan, terima kasih untuk ucapannya.. :)

Reply
avatar
Terima Kasih Atas Komentarnya