Cinta Pertama itu Istimewa dan Sulit untuk Dilupakan

Melupakan Cinta Pertama

Melupakan Cinta Pertama

Kisahidup.com - Banyak orang yang berkata bahwa cinta pertama susah untuk dilupakan, benarkah? Meskipun cinta erat hubungannya dengan perasaan, kita tetap harus berpikir logis dan realistis. Artinya, kita tidak mungkin terus larut dengan masa lalu dan menyia-nyiakan kesempatan untuk memperoleh hidup yang jauh lebih indah. Masih ada masa depan yang perlu diperjuangkan dibandingkan harus terjebak akan masa lalu. Untuk kalian yang butuh inspirasi agar dapat move on dari cinta pertama ataupun cinta setelahnya, baca hingga akhir artikel ini.


Kiat-Kiat Positif untuk Melupakan Cinta Pertama


1.      Mengingat bahwa cinta sejati lebih penting

Apa itu cinta sejati? Cinta sejati adalah rasa cinta yang paling besar dalam jangka waktu lama yang kita rasakan kepada seseorang, dan rasa tersebut bukan sekadar rasa suka atau tertarik. Banyak yang mengatakan bahwa cinta sejati erat kaitannya dengan jodoh.

Jelaslah bahwa cinta yang seperti inilah yang layak untuk diperjuangkan. Kita bukan hanya akan menghabiskan waktu sebentar dengan orang yang kita cintai tersebut, melainkan seumur hidup. Oleh karena itu, lebih baik kita fokus memikirkan jodoh di masa depan daripada terperangkap dalam masa lalu yang tidak dapat memberikan kepastian.
Baca Juga >>> Menemukan Cinta Sejati

2.      Menjauhi hal-hal yang bisa mengingatkan pada kenangan bersama

Hindari melihat atau mendengar hal-hal yang berhubungan dengan masa lalu, terutama kenangan-kenangan indah bersamanya. Hal ini akan menghambat proses kamu untuk move on. Berusahalah untuk tidak bertemu atau melakukan aktivitas yang mengharuskanmu melihatnya. Semakin sering kamu melihatnya, maka semakin susah bagimu untuk melupakannya.

Selain itu, cobalah untuk tidak mendengarkan lagu-lagu kenangan kalian dahulu. Lagu sangat mudah membangkitkan memori akan masa-masa yang pernah dilalui bersama. Singkirkan semua barang, baik foto, hadiah, lagu, atau apapun yang memiliki kenangan dengan cinta pertama atau sang mantan. Alih-alih kamu membuang benda-benda seperti hadiah, baju, boneka, atau yang lainnya, kamu bisa menyumbangkan ke panti atau memberikan ke orang lain yang lebih membutuhkan.

3.      Berhenti mencari tahu mengenai dirinya

Banyak orang yang justru masih penasaran untuk sekadar mencari tahu kabar seseorang yang pernah menjadi pacar pertamanya, Stalking ataupun sejenisnya. Janganlah membuang-buang waktu dengan melihat media sosialnya atau mengikuti semua kegiatan yang ia lakukan. Kalau memang dia masih sendiri, mungkin itu tidak terlalu membuatmu sedih. Namun, jika ternyata dia sudah bahagia dengan orang lain sementara kamu masih sendiri, bisa diperkirakan apa yang akan terjadi, kan?

Hal lain yang masih suka dilakukan adalah menghubungi mantan. Berhentilah basa-basi dengan menelepon atau mengirimkan pesan singkat jika tujuannya hanya untuk mencari tahu kabarnya. Bukan berarti kamu memutuskan tali silaturahmi, tetapi hal ini dilakukan demi kebaikan kalian. Berpikir untuk balikan? Menjalin cinta kembali? Janganlah terlalu bodoh untuk jatuh dilubang yang sama, menjalin kisah cinta yang akhir ceritanya sama. Ingatlah penyebab hubungan kalian berakhir, dengan begitu kamu akan merasa malas untuk mengingat sang mantan.


4.      Hargai pasanganmu sekarang

Biarkan kenangan masa lalu pergi seiring berjalannya waktu. Jika kini kamu sudah memiliki pasangan, hargailah dia dengan tidak lagi mengingat-ingat sang mantan atau cinta pertama kamu. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi jika pasanganmu mengetahui kamu masih sering menghubungi atau sekadar membuka profil di media sosialnya?

Pikirkanlah perasaan pasanganmu dan diskusikan masalahmu dengannya. Jika memang pada kenyataannya kamu masih dalam proses melupakannya, katakan dengan jujur. Hal ini memang terdengar menyakitkan, tetapi lebih baik mengatakan apa adanya daripada kamu menduakan hati dengan pasanganmu.

5.      Aktif bersosialisasi sehingga kenangan bersamanya cepat memudar

Mulailah bergaul dan mencari teman sebanyak-banyaknya. Percayalah bahwa ada hal yang lebih menarik di dunia ini. lalu carilah pengalaman baru dengan orang-orang di sekitarmu. Dengan begitu, kamu akan menemukan hal yang lebih menyenangkan dan fokus pada masa depanmu.

Jika kamu masih sendiri, cobalah membuka perasaan untuk orang lain. Bisa jadi kamu akan bertemu dengan seseorang yang jauh lebih baik. Setelah itu, kamu akan menyadari bahwa cinta yang pertama kali kamu rasakan dahulu hanya sebatas rasa suka, bukanlah cinta yang sesungguhnya. Kamu akan menyadari betapa sia-sianya jika kamu menghabiskan waktu untuk mengingat seseorang yang ternyata tidak terlalu istimewa dalam hidupmu.

6.      Mengingat kenangan buruk selama masa-masa bersama

Mungkin, tips ini akan terdengar sangat jahat dan menyedihkan. Namun, inilah salah satu cara paling ampuh agar cepat melupakannya. Kamu hanya perlu mengingat hal-hal menyakitkan yang pernah kamu alami. Ingatlah perlakuannya yang membuatmu sakit hati dan menangis, bagaimana dia menyia-nyiakanmu, atau ketidakcocokan di antara kalian yang tidak akan pernah ada benang merahnya.

Pikirkanlah hal buruk yang akan kamu rasakan jika kamu kembali bersamanya. Sanggupkah kamu mengalami kesedihan yang sama? Atau, apakah kamu benar-benar ingin menghabiskan waktu bersamanya? Ketika kamu lebih banyak berkorban, berhentilah mengingat dia. Cinta yang tulus itu tidak akan meminta salah satunya saja untuk berkorban, melainkan keduanya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melupakan mantan atau cinta pertama. Susah dan mudahnya tergantung dari pola pikir kita. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan bagi kamu yang masih suka mengingat-ingat masa lalu. Pada dasarnya, kita harus berpikir menggunakan logika dan perasaan, bukan hanya salah satunya. Fokuslah pada masa depan, bukan masa lalu.

Sekian artikel tentang “Melupakan Cinta Pertama”, semoga bermanfaat untuk kalian atau setidaknya menjadi bacaan ringan di kala senja. See you on next article...
Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya