Manfaat Prenatal Yoga Atau Yoga untuk Ibu Hamil

Prenatal Yoga Atau Yoga hamil

Manfaat Melakukan Prenatal Yoga Atau Yoga untuk Ibu Hamil

kisaHidup.com - Bagi anda yang sedang hamil, pasti banyak hal yang anda lakukan agar tubuh tetap sehat. Khususnya untuk si jabang bayi di dalam perut. Salah satu usaha yang bisa anda lakukan dalam menjaga kesehatan selama hamil adalah dengan olah raga. Dan yoga hamil bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi, olahraga yoga ini sedang menjadi olah raga yang kekinian.
Sebenarnya yoga adalah jenis olah raga dengan gerakan yang cukup sulit. Namun tentu saja ada tahapannya. Untuk jenis yoga bagi ibu hamil ini dibuat gerakan yang lebih ringan dan disesuaikan dengan kemampuan ibu hamil itu sendiri. Ada beberapa bagian pada prenatal yoga. diantaranya yaitu pemanasan, pernapasan, postur (sudah masuk ke gerakan yoga), dan pendinginan.


Manfaat melakukan yoga saat sedang hamil ini banyak sekali. Karena yoga adalah olah raga yang mengolah ketenangan dalam diri, maka yoga untuk ibu hamil ini juga dibuat untuk membantu para ibu hamil agar mempersiapkan mental serta tubuhnya pada saat melahirkan. Jika anda sedang hamil dan ingin mencoba prenatal ini maka keuntungannya anda akan lebih relaks saat proses kelahiran.
Selain persiapkan mental dan tubuh jelang proses kelahiran bayi, manfaat melakukan yoga hamil pada ibu hamil ini juga beragam. Misalnya saja membantu sirkulasi peredaran darah dalam tubuh, mengurangi segala perasaan tidak enak dan nyaman yang muncul saat hamil seperti mual, pusing kepala, dan sakit di bagian pinggang.
Manfaat lainnya yaitu membuat ibu hamil bisa tidur sedikit lebih nyenyak dari biasanya. Hal ini menjadi hal yang paling umum terjadi pada wanita yang sedang hamil. Yaitu sulit tidur karena ukuran tubuh dan perut yang sudah mulai bertambah. Sehingga banyak keluhan sakit di bagian sana sini dan membuat kita yang biasa tidur enak jadi susah memejamkan mata.

Pentingnya Latihan Pernapasan Pada Yoga Hamil

Untuk anda yang ingin menjalani proses kelahiran normal, pernapasan adalah hal yang paling utama. Karena saat sedang mengedan, anda membutuhkan napas yang teratur. Kelas prenatal yoga inilah yang akan membantu pernapasan anda menjadi lebih teratur dan seimbang. Dengan napas yang teratur, tubuh anda juga akan mendapat suplai oksigen dalam jumlah cukup.
Bayi yang ada di dalam kandungan pun akan merasakan manfaatnya jika napas anda lebih teratur. Napas ibu yang tenang akan dirasakan oleh bayi di dalam perut. Cara mengambil napas yang baik saat sedang melakukan yoga hamil adalah ambillah napas melalui hidung sampai paru-paru anda terasa penuh, lalu keluarkan secara perlahan melalui mulut sampai perut anda terasa mengempis.
Prenatal yoga ini akan membantu otot-otot tubuh anda bekerja dengan baik. Selain mengolah teknik pernapasan, prenatal yoga juga akan membantu anda dalam memanajemen emosi. Ibu hamil biasanya dua kali lipat lebih sensitif dari ibu yang sedang tidak hamil. Dengan mengikuti prenatal yoga maka emosi akan lebih seimbang dan konsentrasi tetap terjaga.

Jika bayi di dalam perut bisa bergerak dengan leluasa walaupun dengan area yang sempit, maka akan lebih baik jika anda mencoba prenatal yoga ini agar otot di dalam rahim dapat terlatih dengan baik sehingga memungkinkan ruang gerak bayi di dalam kandungan menjadi lebih nyaman. Janin pun akan memiliki perkembangan yang baik dengan gerakannya yang optimal.
Gerakan pada prenatal yoga ini memang lebih sederhana. Ibu hamil tidak boleh terlalu capek. Anda pun harus melakukan yoga dengan secara perlahan. Jangan memaksakan suatu gerakan yang menurut anda cukup sulit dilakukan saat hamil. Lakukan dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Jangan membuat gerakan yang berlebihan, karena akan berbahaya untuk anda dan juga si jabang bayi.
Tetapi jenis olah raga apapun tidak akan bekerja dengan baik jika tidak dibarengi dengan pola makan yang seimbang. Maka anda tetap harus memperhatikan asupan makanan. Gaya hidup yang sehat juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan anda dan bayi di dalam kandungan. Ingatlah bahwa setiap yang anda lakukan saat hamil akan membawa efek pada bayi di dalam perut.
Jika anda rutin mengikuti kelas pranatal yoga untuk ibu hamil, maka tubuh anda akan semakin elastis walaupun perut sedang menggembung, otot tubuh juga menjadi tambah kuat, mengurangi berbagai keluhan di tubuh, dan aktivitas anda tidak akan terganggu walaupun kondisi perut semakin besar dan buncit. Anda bisa mengikuti kelas prenatal di minggu ke 14 kehamilan.
Baca Juga >>> Kado Terindah untuk Ibu

Sebelum mulai mengikuti prenatal yoga, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu. Karena bagi ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik biasanya tidak boleh sembarangan melakukan olah raga termasuk yoga hamil atau prenatal yoga. Jika anda sehat dan sudah mendapat izin dari dokter kandungan, silahkan mengikuti prenatal yoga.
Biasanya, kelas prenatal yoga diadakan hanya satu atau dua kali dalam seminggu. Jika anda kesulitan untuk mengikuti kelas prenatal yoga karena berbagai hal atau ingin melakukannya setiap hari, Yoga hamil dapat dilakukan dirumah dengan bantuan dari prenatal yoga video yang bisa anda download dari internet atau membeli buku panduan prenatal yoga dengan DVD gratis didalamnya.
Sekian artikel tentang “Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil”, semoga artikel ini bermanfaat untuk para ibu hamil yang ingin kandungannya sehat dengan mengikuti yoga atau untuk kalian yang memiliki saudara perempuan yang sedang hamil. See you on next article..
Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya