Jadikan Bisnis Online Sebagai Pekerjaan Sampingan

Bisnis Online Sebagai Pekerjaan Sampingan

Kisahidup.com - Pekerjaan sampingan merupakan pekerjaan yang dilakukan pada waktu luang dimana hal tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama. Pekerjaan sampingan biasanya dilakoni oleh beberapa ibu rumah tangga, mahasiswa dan bahkan orang yang sudah bekerjapun memiliki pekerjaan sampingan karena tidak menyita banyak waktu, sehingga tidak akan mengganggu waktu bekerja yang seharusnya untuk pekerjaan tetapnya. Selain mengisi waktu, pekerjaan sampingan juga sebagai penunjang penghasilan tambahan.
Pekerjaan ini biasanya berawal dari hobby yang kemudian dapat diuangkan. Sekarang banyak anak muda, mahasiswa, dan ibu rumah tangga yang ketika selesai mengerjakan pekerjaan pokoknya kemudian mencari hiburan dengan hanya bermain telepon genggam. Padahal dari kebiasaan dan hobby memainkan alat telekomunikasi seperti itupun bisa juga menghasilkan penghasilan tambahan yang mampu menutup kebutuhan sehari-hari.



Salah satu jenis pekerjaaan yang ditekuni menggunakan smartphone adalah bisnis online atau e-commerce. E-commerce merupakan buah inovasi dari para pelaku bisnis yang menginginkan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi. E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 di Amerika serikat. Hingga kini perusahaan raksasa dibidang niaga online sangat banyak seperti Ebay, Amazon, Alibaba dan sebagainya.
Tentu untuk mendirikan perusahaan raksasa yang berskala internasional seperti itu tidak terjadi begitu saja. Kesuksesan mereka menjadi motivasi bagi para pebisnis lainnya untuk mencoba mengikuti jejak para usahawan tersebut. Para CEO perusahaan tersebut pun juga merintis usaha mereka dari nol. Memulai bisnis online dengan mengandalkan teknologi terdekat seperti smartphone menjadi alternatif bagi para calon pengusaha dewasa ini.

Namun bagi orang awam, kesulitannya adalah menentukan pangsa pasar dan jenis usaha yang akan dimulai. Ada banyak sekali jenis usaha yang dapat diawali ketika ingin mencoba peruntungan dibidang e-commerce. Tetapi untuk para pemula sebaiknya mengawali dengan usaha yang sederhana saja dikarenakan pengalaman yang belum memadai untuk terjun didunia bisnis apalagi dalam lingkup dunia maya.

Jenis Bisnis Online Bagi Para Pemula Pelaku Bisnis

1. Bisnis Online di Bidang Jasa

Bisnis Online Sebagai Pekerjaan Sampingan

Bidang jasa merupakan bidang yang sangat menarik untuk ditawarkan kepada konsumen. Bidang jasa online saat ini cukup dinikmati konsumen karena praktis. Keunggulan bidang jasa online juga tidak membutuhkan modal yang banyak bahkan tidak bermodal sama sekali dikarenakan konsumen hanya membayar jasa si tukang penyedia jasa tersebut sesuai dengan kesepakatan dan tarif yang ditentukan.
Jenis jasa yang ditawarkanpun cukup beragam mulai dari jasa pengiriman barang, jasa kebersihan, jasa editing, jasa personal shooper, dan yang paling fenomenal saat ini adalah jasa transportasi online. Anda dapat memilih jenis jasa online mana yang pas dan nyaman untuk Anda kerjakan dan tentunya mempertimbangkan dengan serasional mungkin resiko apa saja yang terjadi jika Anda memilih usaha jasa online.

2. Bisnis Online Makanan

Bisnis Online Sebagai Pekerjaan Sampingan

Bisnis online penjualan makanan mungkin sangat tidak asing bagi sebagian masyarakat milenial saat ini. Bidang usaha makanan merupakan bidang yang paling banyak digeluti terutama oleh mahasiswa dan para ibu rumah tangga yang gemar memasak. Selain sebagai hobby, mengapa tidak jika hobby tersebut juga dapat menghasilkan uang belanja tambahan. Bukankah pekerjaan ternyaman adalah hobby yang dibayar?.
Para karyawan yang tidak memiliki waktu memasak dirumah kerap mengandalkan makanan siap santap yang diperjual belikan secara online untuk menghemat waktu. Hanya dengan membuka media sosial dan menekan tombol pesan makan, makanan langsung diantar ketempat yang diinginkan. Tetapi untuk memulai bisnis ini pastikan Anda benar-benar memberikan produk yang terbaik bagi pelanggan.
Baca Juga >>> Seorang anak warung

3. Bisnis Online Jual Kosmetik

Bisnis Online Sebagai Pekerjaan Sampingan

Wanita yang gemar berhias diri juga kerap menjadikan hobbynya sebagai media dalam mengumpulkan pundi-pundi uang. Dari hobby yang tadinya hanya memandang didepan cermin saja kemudian bisa berlanjut memandang smartphone. Disisi lain karena Anda yang pada awalnya gemar mengotak-atik kosmetik, Anda pun dapat merekomendasikan kepada para pelanggan Anda jenis kosmetik seperti apa yang seharusnya digunakan.
Pangsa pasar yang sangat cocok untuk jenis usaha ini adalah para remaja dan wanita namun tidak menutup kemungkinan pria juga memiliki kosmetik khusus lelaki. Jenis usaha kosmetik online banyak digeluti artis Hollywood mengingat keuntungan serta kemudahan dalam menentukan pangsa pasar. Namun dalam bidang usaha ini tentu membutuhkan modal awal yang lumayan jika Anda seorang reseller. Jika Anda ingin berbisnis dalam bidang ini namun tak memiliki modal, Anda bisa menjadi seorangdropshipper.
Dropshipper adalah penjual online yang tidak melakukan stok barang dimana proses pengiriman barang dikirim langsung dari supplier (penyedia barang) kepada pembeli (customer). Sedangkan Reseller adalah penjual online yang melalukan stok barang dimana proses pengiriman barang dibeli oleh reseller dari supplier dan kemudian dijual kembali kepada pembeli.

4. Bisnis Online Pakaian dan Fashion

Bisnis Online Sebagai Pekerjaan Sampingan

Bisnis online bidang fashion sendiri paling sering dilakoni para remaja dan mahasiswa dikarena mereka lebih memahami trend yang sedang digemari. Untuk terjun di bidang pakaian dan fashion, Anda dituntut untuk terus menyesuaikan model serta kebutuhan para pembeli. Saat ini model gaya pakaian remaja sangat cepat berubah. Maka dari itu Anda dituntut untuk selalu memperbarui barang yang ditawarkan.
Tidak hanya memenuhi kebutuhan remaja saja, usaha dibidang pakaian juga harus memperhatikan kondisi dan budaya wilayah pangsa pasar. Tentu disetiap wilayah atau Negara memiliki kebutuhan khusus misalkan wilayah yang sedang musim dingin atau musim panas tentu saja jenis pakaian yang ditawarkan berbeda. Kemudian budaya timur dengan barat yang berbeda sangat kontras.
Keuntungan yang diperoleh dari bisnis online bidang ini adalah Anda tidak perlu menyewa toko atau tempat untuk memajang barang yang ditawarkan. Sehingga harga barang di toko dengan barang olshop terkesan berbeda. itulah alasan sebagian orang memilih berbelanja pakaian online. Namun anda juga harus jujur dalam mendeskripsikan jenis barang Anda agar pelanggan puas dan tidak merasa kecewa.

Pilihlah jenis bisnis online yang sesuai dengan Anda, pelajari dan pahami apa yang harus dilakukan untuk kedepannya seperti membuat rencana. Cari tahu semua hal tentang bisnis tersebut dari orang yang lebih berpengalaman. Jika tidak ada orang disekitarmu yang berpengalaman dalam dunia bisnis online, cari informasi didunia online. Bisa dari google, youtube, forum, grup facebook atau chat personal melalui facebook atau whatsapp orang yang berpengalaman.
Hanya itulah informasi yang bisa saya berikan tentang “Bisnis Online Sebagai Alternatif Pekerjaan Sampingan”. Terima kasih sudah mau mampir dan membaca disini, see you on next article...

Loading...
Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya