Dunia Kerja Serta Pengalaman Kerja Dibaliknya

Pengalaman Kerja

kisaHidup.com - Ketika seseorang akan memasuki dunia pekerjaan yang bisa dikatakan pekerjaan tetap dan mapan, siapapun itu pasti dituntut untuk memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Sangat jarang sekali sebuah perusahaan yang menerima calon tenaga kerja tanpa adanya riwayat pengalaman kerja meskipun lulusan sarjana. Hal tersebut membuktikan bahwa pengalaman adalah sesuatu yang berharga.
Pengalaman dibutuhkan untuk mengukur kapasitas, kemampuan dan mental seseorang dalam bekerja. Pengalaman juga dapat dijadikan acuan bahwa dia memilki profesionalitas yang terjamin. Sebuah perusahaan atau instansi tertentu menginginkan para pekerja yang langsung siap dipekerjakan tanpa menunggu proses pelatihan atau training terlebih dahulu guna memangkas waktu dan dana.
Baca Juga >>> Kerja atau Kuliah?


Seseorang yang telah memiliki pengalaman sudah sangat terbiasa dengan beratnya  tekanan pekerjaan, beradaptasi dengan lingkungan kerja, situasi, kondisi, budaya bahkan sudah memahami etika dan tata krama dalam bekerja. Sehingga hal tersebut menjadikan mereka yang sudah memiliki pengalaman relative santai dan mendapatkan hasil pekerjaan dengan lebih maksimal karena sudah terbiasa berseteru dengan pekerjaan lama.
Perusahaan yang mempekerjakan karyawan yang memiliki pengalaman juga sangat banyak. Tidak hanya dapat memangkas waktu dan dana yang dibutuhkan untuk proses pelatihan bagi karyawan yang tidak memiliki pengalaman. Keuntungan lainnya yaitu perusahaan memiliki karyawan yang berpengalaman akan dengan cekatan mengatasi setiap permasalahan sehingga mampu meningkatkan produktifitas  hal tersebut berdampak pada skala rating perusahaan. 
Memiliki banyak pengalaman kerja juga dapat menguntungkan para karyawan itu sendiri. selain dapat beradaptasi dengan lingkungan perusahaan baru yang lebih mudah, mereka yang sudah memiliki pengalaman dalam bekerja juga memperoleh kepercayaan lebih dari atasan sehingga bisa saja suatu saat posisi jabatan dinaikkan. Selain itu,  gaji karyawan yang memilki pengalaman  tentunya lebih tinggi sesuai kemampuannya.
Hal tersebut menjadikan pengalaman sebagai syarat utama dalam proses merekrut pekerja selain syarat pendidikan dan kemampuan. Lalu bagaimana seseorang yang baru saja lulus sekolah atau kuliah memiliki pengalaman kerja jika semua perusahaan menginginkan seseorang yang sudah berpengalaman saja? Pekerjaan seperti apa yang sebaiknya dikerjakan agar memperoleh pengalaman yang dapat dijadikan jaminan nantinya?.

Pekerjaan Ringan Yang Disarankan Untuk Meningkatkan Pengalaman Kerja

Mengawali sebuah karier tidak semudah yang dibayangkan dimana kita dapat langsung terjun pada cita-cita yang hendak diwujudkan. Proses demi proseslah yang menghasilkan pengalaman guna membiasakan diri berjibaku dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Namun untuk memperoleh suatu pengalaman sebaiknya lakukan pekerjaan yang ringan dan mudah akan tetapi pekerjaan tersebut bisa dihitung dan dipertimbangkan sebagai sebuah pengalaman. 
Banyak orang yang langsung menunggu pekerjaan mapan karena menganggap mencari pengalaman dengan pekerjaan ringan akan menyia-nyiakan waktu. Apalagi mereka yang berlatar belakang pendidikan tinggi akan merasa direndahkan dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan tingkat pendidikannya, biaya mahal-mahal untuk kuliah yang tidak sebanding dengan pekerjaan yang didapatkan. Padahal pemikiran seperti itu justru salah besar. Ibaratnya mendirikan sebuah rumah haruslah dimulai dengan mengumpulkan bebatuan yang digunakan untuk membangun pondasi yang kuat.

1. Olshop

Kerja Online Shop

Jika Anda tertarik dengan pekerjaan dibidang marketing, Anda bisa memulainya dengan membangun usaha kecil-kecilan sendiri. Usaha online shop sangat digemari saat ini karena mudah dan praktis dilakukan dimanapun. Usaha online shop hanya membutuhkan internet yang selalu online untuk merespon pertanyaan dari calon pembeli, customer. Online shop tidak akan menyita banyak tenaga dan modal sehingga yang dibutuhkan hanyalah ketekunan saja. Dalam usaha online shop Anda bisa menjadi dropshipper, reseller atau menjual barang sendiri. Selain memperoleh pendapatan, berkecimpung pada dunia e-commerce dapat melatih kemampuan Anda dalam me-manage sesuatu.
Dropshipper adalah penjual online yang tidak melakukan stok barang dimana proses pengiriman barang dikirim langsung dari supplier (penyedia barang) kepada pembeli (customer). Sedangkan Reseller adalah penjual online yang melalukan stok barang dimana proses pengiriman barang dibeli oleh reseller dari supplier dan kemudian dijual kembali kepada pembeli.
Baca Juga >>> Keluar dari zona nyaman

2. Blogger

Seorang Blogger

Kesalahan besar adalah menganggap menjadi seorang blogger itu hanya membagikan pengalaman saja dan dirasa tidak akan menambah pengalaman kerja karena isi blog hanya berisikan curhatan saja. Selain itu, seorang bloger memiliki penghasilan yang minim dan bahkan sama sekali tidak memiliki penghasilan. Mungkin pandangan negatif seperti itu yang terbesit ketika mendengar kata blogger.
Namun faktanya, rutin memposting tulisan juga bermanfaat bagi si penulis dalam meningkatkan kemampuan literasinya. Kemampuan tersebut hanya akan didapatkan oleh mereka yang gemar serta rajin menulis. Justru menjadi menjadi blogger akan sangat memudahkan dan membantu dalam memilah kosa kata dalam membuat kalimat yang tepat dan sangat berguna apabila suatu saat  Anda ingin terjun dibagian editing naskah atau menjadi seorang sekretaris perusahaan.
Suatu pekerjaan jika dikerjakan secara sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil. Saya adalah seorang blogger yang pertamakali mengenal blog ditahun 2015 dan mulai membangunnya hingga saat ini. Blog menjadi kerja sambilan kuliah yang tengah saya jalani. Memang melelahkan, tetapi hasil yang telah saya dapatkan hingga saat ini sudah syukur Alhamdulillah. Dibalik penghasilan yang saya dapatkan, wawasan juga bertambah karena sering membaca saat mencari materi yang nantinya akan diposting. Bisa kalian baca pengalaman saya dalam dunia blogging dimana pahit manisnya selama ini.


3. Volunteer

Volunteer

Bahkan menjadi seorang relawan (Volunteer) hampir dikatakan bukanlah pekerjaan. Karena pandangan masyarakat dewasa ini yang menganggap pekerjaan adalah sesuatu yang dikerjakan dengan mendapat upah sedemikian rupa. Relawan tak dibayar bukan karena tak bernilai, melaikan karena tak ternilai. Seorang relawan hanya mengerahkan jasa dan tenaga saja tanpa menerima upah. Sisi lain seorang volunteer yang orang lain tidak dapat lihat adalah mereka mengabdi tanpa pamrih.  
Sekarang banyak organisasi yang membutuhkan volunteer yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan pengalaman dalam bekerja terutama pekerjaan dibagian sosial dan pemberdayaan. Hal ini dapat memperkaya riwayat hidup atau istilah lain Curriculum Vitae (CV) yang membuat sebuah perusahaan tertarik. Selain menjadi jembatan mencapai pengalaman, menjadi volunteer juga berguna dalam menjalin relasi antar masyarakat sehingga nantinya bila Anda ingin bekerja pada bidang sosial Anda sudah memiliki pandangan terhadap dunia sosial.

4. Jurnalis amatir

Pekerjaan Jurnalis

Memanfaatkan kondisi dan situasi disekitar juga dapat menambah riwayat pengalaman kerja Anda dalam bekerja. Stasiun televisi nasional sekarang ini banyak membutuhkan jurnalis amatir yang bertugas melaporkan situasi disekitar yang sekiranya jurnalis resminya tidak dapat melaporkannya. Peralatan yang digunakanpun bisa memakai kamera ponsel saja sehingga menjadi jurnalis amatir selain ringan dan melatih komunikasi, juga dapat dipertimbangkan ketika suatu saat nanti Anda benar-benar ingin menjadi jurnalis resmi.
Yang dilakukan untuk menjadi wartawan atau jurnalis hanya mencari berita, mencari kebenaran fakta dan memberi informasi sesungguhnya ke publik. Hal ini bisa disenada dengan blogger, Anda bisa mendapatkan dua burung hanya dengan melempar satu batu. Jika sudah mendapatkan materi untuk dikirim, Anda juga bisa mempostingnya diblog Anda sendiri. Kini sudah banyak orang yang menjadikan jurnalistik dan blogger sebagai hobi mereka. Kamu?

Apapun pekerjaan yang kita tekuni pasti akan membuahkan hasil jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Mendapat pengalaman kerja bisa dari mana saja, bahkan dari pengalaman orang lain. Begitulah artikel tentang “Dunia Kerja serta Pengalaman Kerja Dibaliknya”. Pekerjaan paling menyenangkan didunia adalah hobi yang dibayar. Cintai pekerjaannya, maka kau akan mendapatkan kenikmatannya. See on next article...
Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya