Tips Aman Melakukan Investasi Saham

Tips Aman Melakukan Investasi Saham

Kisahidup.com - Investasi saham merupakan salah satu investasi jangka pendek yang sekarang banyak digeluti oleh orang-orang yang sudah ‘melek’ finansial. Tak hanya bisa dijadikan investasi jangka pendek saja, saham juga bisa dijadikan investasi jangka panjang. Saham adalah surat berharga yang merupakan bukti kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan.
Dengan demikian, memiliki saham itu artinya Anda adalah pemilik perusahaan tersebut. Saham sudah dikenal bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Hal ini hanya akan berlaku apabila perusahaan yang bersangkutan itu sehat. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka kerugianlah yang akan Anda dapatkan.

Tips Aman Melakukan Investasi Saham



Tips Investasi Saham Supaya Mendatangkan Keuntungan

Anda tertarik ingin mengembangkan kekayaan dengan instrumen investasi yang satu ini? Baiklah, sebelum Anda mulai ‘menerjunkan’ diri kesana, Anda harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai saham terlebih dahulu.
Ada banyak referensi yang bisa Anda jadikan objek untuk kepentingan belajar saham ini, mulai dari buku, internet, majalah keuangan dan lain-lain. Kemudian, supaya investasi yang Anda lakukan bisa mendatangkan keuntungan, mari coba simak beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Buka Rekening dan Lakukan Konsultasi Sebelum Membeli Saham

Sebelum Anda mulai berinvestasi saham, maka Anda harus membuka rekening saham terlebih dahulu atas nama Anda sendiri. Pembukaan rekening ini bisa Anda lakukan ke perusahaan sekuritas, yang dalam hal ini merupakan perusahaan broker saham.
Secara teknis, proses pembukaan rekening saham hampir sama dengan pembukaan rekening tabungan di bank biasa. Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan pembukaan rekening saham. Formulir ini disertai dengan identitas pribadi dan beberapa persyaratan yang lainnya.
Nah, setelah Anda berhasil membuka rekening saham, maka Anda harus menyetorkan sejumlah dana sebagai saldo awal rekening Anda dan modal untuk mulai membeli saham.
Namun, sebelum Anda membeli saham, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada perusahaan tempat Anda membuka rekening atau orang lain yang Anda anggap memiliki pengetahuan yang bagus mengenai hal ini.

2. Selektiflah dalam Memilih Perusahaan Sekuritas

Melanjutkan tips investasi saham yang pertama tadi, Anda harus bersikap selektif dalam memilih perusahaan sekuritas. Mengapa? Karena perusahaan inilah yang akan menjadi partner atau mitra Anda dalam melakukan investasi ke depannya.
Pastikan bahwa perusahaan sekuritas yang Anda pilih adalah perusahaan sekuritas yang terpercaya. Salah satu wujud perusahaan sekuritas yang terpercaya adalah perusahaan tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
Selain itu, Anda bisa mencoba mencari tahu likuiditas perusahaan sekuritas tersebut, mengecek laporan keuangannya serta melihat bagaimana kredibilitasnya dalam memberikan informasi seputar saham kepada kliennya.
Tips Aman Melakukan Investasi Saham

3. Lakukan Monitoring Terhadap Perusahaan Saham yang Hendak Dipilih

Tujuan monitoring ini adalah untuk melihat kondisi perusahaan yang menjual saham. Hasil dari monitoring ini bisa Anda jadikan pegangan untuk menilai apakah perusahaan yang sahamnya hendak Anda pilih memang menunjukkan perkembangan yang sehat ataukah tidak.

4. Lakukan Analisa Teknikal

Dalam investasi saham, sebagai calon investor, sebaiknya Anda memahami analisa teknikal serta bagaimana cara melakukan analisa tersebut. Tujuannya adalah supaya saham yang Anda beli bisa memiliki nilai beli dan jual yang terbaik sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan optimal.
Jangan lupa untuk mengamati pergerakan harga saham. Caranya yaitu dengan melihat grafik harga saham. Apabila harga saham sedang murah dan Anda memang yakin bahwa saham yang dimaksud memiliki prospek yang bagus, maka ini adalah waktu yang tepat untuk Anda membelinya.


5. Ketahui Likuiditas Saham Perusahaan yang Bersangkutan

Tips yang selanjutnya adalah mengetahui likuiditas saham perusahaan yang hendak Anda beli. Cari tahu apakah saham tersebut memang likuid dan bagus untuk dibeli ataukah tidak.

6. Upayakan untuk tidak Membeli Satu Jenis Saham

Anda harus tahu bahwa saham termasuk instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan yang besar bila Anda mengetahui cara bermainnya dengan benar. Namun, Anda juga harus tahu bahwa di dalam investasi yang satu ini memiliki potensi kerugian yang besar pula.
Maka dari itu, dalam rangka menghindari kerugian tersebut, upayakan agar Anda membeli beberapa saham sekaligus, supaya ketika salah satu saham yang Anda miliki ternyata mengalami kerugian, Anda masih memiliki saham lain yang bisa Anda harapkan untuk mendatangkan keuntungan.

7. Ketika Anda sudah Berinvestasi

Oke, ketika Anda sudah mulai berinvestasi pun, masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Penting untuk Anda pahami bahwa bursa tidak akan memberi jaminan bahwa investasi saham akan selalu naik, sehingga dalam hal ini Anda harus aktif dalam bermain dan memonitoring saham.
Investasi saham memang menggiurkan, namun sangat disarankan untuk Anda tidak terlalu sering melakukan transaksi. Mengapa? Karena ini hanya akan mengantarkan Anda pada beban biaya transaksi yang lebih besar.

Setiap bisnis pasti ada resiko, jika Anda berniat untuk terjun ke dunia bisnis investasi maka bersiap pula untuk kerugiannya. Belajar dan terus belajar, agar Anda dapat memahami sistem dari bisnis investasi saham yang Anda geluti. Akan ada masanya dimana Anda akan merasakan hasil usaha yang telah diperjuangkan. Jika sudah mengenali sistem dan cara bermainnya, maka Anda akan sukses dalam bisnis ini.
Yap, Itulah beberapa tips aman dalam melakukan investasi saham yang sebaiknya Anda perhatikan.  Sekian artikel tentang “Tips Aman Melakukan Investasi Saham”, Semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda. See you on next article..

Loading...
Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya