Lazada, Salah Satu E-commerce dan Marketplace Terpopuler di Indonesia

Belanja Online di Lazada

Belanja Online di Lazada

Kisahidup.com - Jika kamu sering berbelanja online, maka bukan hal asing jika mendengar kata Lazada. Toko online ini sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat indonesia terutama yang sering belanja online. Bukan hanya promosi melalui internet yang mereka lakukan, lazada juga sering muncul di iklan televisi, banner dipinggir jalan hingga dipasang ke kendaraan ojek online. Di internet sendiri kamu pasti sering melihat iklan lazada di blog, youtube, instagram dan media sosial lainnya.
Sedikit sejarah tentang lazada akan saya bahas pada artikel kali ini, begitu juga semua hal yang berkaitan tentang lazada seperti lazada promo, lazada flash sale, keunggulan lazada, metode pembayaran lazada dan lainnya.
Lazada merupakan salah satu e-commerce (online shopping) dan marketplace terpopuler di Indonesia yang didirikan oleh jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet pada tahun 2012 dan dimiliki oleh Alibaba Group. Pada tahun 2014, Lazada Group kemudian mengoprasikan situsnya di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.
Situs Lazada Indo sendiri yaitu lazada.co.id, sedangkan untuk negara asia tenggara lainnya yaitu lazada.com.my (Lazada Malaysia), lazada.sg (Lazada Singapore), lazada.com.ph (Lazada Philippines), lazada.vn (Lazada Vietnam) dan lazada.co.th (Lazada Thailand). Untuk pusatnya, Lazada bermarkas di Singapura. Bagi kamu yang ingin mendownload Lazada apk, silakan cari di App Store atau Google Play Store smartphone kalian masing-masing.



Lazada dan keunggulannya

Beraneka Ragam Produk

Lazada menyediakan barang yang dijual secara beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan para pelanggan, mulai dari barang elektronik, perlengkapan bayi, mainan, peralatan rumah tangga, alat olahraga, buku, tas, aksesoris, fashion pria maupun wanita, alat kecantikan, buku dan masih banyak lagi.

Bebas Ongkos Kirim (Free Ongkir)

Banyak pembeli barang online yang harus membayar lebih besar ongkir (ongkos kirim) dibandingkan barang yang mereka beli. Lazada memberikan kebijakan untuk membebaskan ongkir. Namun kebijakan ini baru diberlakukan untuk beberapa wilayah. Jika di daerah Jabodetabek dan pembelian diatas Rp 100.000 maka akan dibebaskan biaya ongkir. Lalu jika diluar Jabodetabek maka masuk dalam wilayah 2 atau 3. Jika masuk wilayah 2, pengiriman akan gratis akan tetapi pembelian barang harus diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Untuk yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman. Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan dari Lazada.

Pengembalian Barang

Keunggulan lain dari lazada yaitu adanya pengembalian barang yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pembeli. Kamu dapat mengembalikan produk dalam kurun waktu yang telah ditentukan, jika kamu membeli produk LazMall maka diberikan waktu 15 hari kalender, untuk produk lokal Non LazMall diberikan waktu 14 hari kalender sedangkan produk yang dikirim dari luar negeri (bisa kamu dapatkan di menu Globe Collection Lazada) diberikan waktu 7 hari kalender. Sebelum mengembalikan produk, pastikan kamu telah membaca kebijakan pengembalian barang lazada. Untuk biaya pengembaliannya sendiri, Lazada menyediakan layanan ini secara gratis dengan metode Drop off.

Diskon dan Promo Lazada

Bagi kamu pemburu diskon dan promo, lazada tempat yang tepat untuk memuaskan hasrat kamu. Lazada sangat sering memberikan diskon terhadap produk yang dijualnya kepada para pelanggan dengan kisaran diskon 10% hingga 30% untuk produk yang telah ditentukan. Jika kamu mau yang lebih besar, Lazada diskon besar besaran terdapat pada fitur Flash Sale dimana diskon yang diberikan hingga lebih dari 80%. Flash Sale Lazada memiliki batas waktu yang telah ditentukan. Untuk mendapatkan diskon atau promo besar lainnya, kamu juga dapat menggunakan kode voucher lazada yang berguna untuk mengurangi harga total barang atau mendapatkan ongkos kirim gratis.

COD

Metode bayar ditempat atau Cash On Delivery merupakan salah satu keunggulan dari Lazada. Kamu dapat membayar pesananmu ketika barangnya telah sampai. Hal ini dapat mengurangi ketidakcocokan produk yang ada pada gambar dengan barang yang akan diterima. Juga mengurangi kekhawatiran para pembeli jika barang tidak sampai atau takut ditipu.

Pengiriman Barang Cepat

Sebagai pembeli, kamu pasti ingin barang yang kamu beli itu cepat sampai ditangan dan tidak terjadi kerusakan atau kecacatan barang. Lazada tahu persis kebutuhan para pembelinya dengan melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. Hal ini yang membuat lazada semakin dipercaya oleh para pembeli barang online. Kerja sama jasa pengiriman barang lazada juga banyak, jadi para pembeli bisa memilih sendiri jasa mana yang akan digunakan. Namun Lazada juga memiliki kurir pengiriman barangnya sendiri, yaitu Lazada Express.

LazMall Lazada

LazMall merupakan brand pilihan internasional dan lokal terkemuka, brand online terbaik dan distributor resmi. Berbelanja di LazMall merupakan pengalaman belanja online berkualitas terbaik yang bisa kamu dapatkan seperti berbelanja di department store dengan brand online semuanya pada satu tempat.
LazMall menawarkan pengalaman belanja online berkualitas kepada para pelanggannya dengan menawarkan komitmen sebagai berikut:
1. LazMall menjamin kamu hanya akan menerima produk yang asli. Jika kamu menerima produk yang terbukti tidak asli, maka LazMall akan memberikan dua kali lipat pengembalian dana sesuai harga yang telah dibayarkan dengan syarat yang telah ditentukan.
2. Diberinya jangka waktu 15 hari pengembalian untuk semua produk LazMall, kecuali kategori yang tidak dapat dikembalikan sesuai panduan lazada.

Metode Pembayaran Lazada

Bank Tranfer

Setiap toko online yang baik pasti menyediakan kemudahan bagi para penggunanya, metode pembayaran via bank transfer merupakan cara paling praktis yang bisa kamu gunakan untuk membayar produk yang diinginkan. Bisa melalui atm atau dengan cara yang lebih praktis yaitu via Internet Banking, via SMS Banking atau via Mobile Banking, kamu sudah bisa membayar langsung produk yang dibeli. Lazada memiliki akun rekening bank Mandiri, BCA dan BNI. Bagi kamu yang tidak punya salah satu rekening bank tersebut, bisa melalui transfer antar bank.

Kartu Kredit

Lazada menerima semua kartu kredit yang berlogo VISA atau Mastercard, baik yang diterbitkan didalam negeri maupun luar negeri. Bagaimana masalah keamanannya? Tenang, detail kartu kredit kamu akan dilindungi dengan Standar Enkripsi industri terkemuka. Setelah kamu melakukan proses pemesanan melalui kartu kredit, petugas layanan konsumen dari lazada akan segera memeriksa validitas kartu kredit kamu.
Sedikit saran, sebaiknya kamu menggunakan kartu kredit yang mengatasnamakan diri kamu sendiri untuk melakukan pemesanan karena lazada tidak akan menerima kartu kredit yang berbeda nama. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan timbulnya penyalahgunaan kartu kredit.

COD (Cast On Delivery)

Metode pembayaran ini merupakan salah satu kemudahan yang diberikan lazada untuk para pelanggannya. Dengan menggunakan metode bayar ditempat ini kamu dapat membayar dengan tunai ke kurir lazada pada saat menerima pesananmu. Lebih mudah, aman dan tidak susah karena barang yang kamu inginkan bisa dibayar setelah kamu mendapatkannya.
Lazada sendiri menerima metode pembayaran COD secara nasional dengan batas ketentuan transaksi yaitu kurang dari Rp 5.000.000. untuk pesanan dengan nilai yang lebih besar dari itu, maka pembayaran yang dianjurkan adalah dengan menggunakan via kartu kredit atau bank transfer. Sayangnya, metode ini baru tersedia untuk beberapa wilayah saja seperti di Jakarta dan sekitarnya.

Cicilan

Berbeda dari toko online lainnya, lazada menyediakan sistem pembayaran cicilan dengan ketentuan yang berlaku. Cicilan akan terproses secara online apabila status pesanan telah berhasil.
Untuk langkah-langkah penggunaan cicilan lazada silakan pilih metode pembayaran kemudian klik Cicilan dan pilih bank yang kamu gunakan untuk membayar cicilan. Pembayaran cicilan ini menggunakan kartu kredit yang ketentuannya telah dijelaskan diatas. Ini adalah daftar beberapa bank yang telah bekerja sama dengan lazada yaitu BNI, Mandiri, Permata Bank, HSBC, OCBC NISP, Maybank/ Bll, Danamon, UOB, Standard Chartered, BRI, Citibank, Bukopin, CIMB Niaga, Panin, MNC Bank dan BCA
Jika kamu tidak memiliki kartu kredit, lazada menyarankan untuk menggunakan kartu kredit digital yaitu Kredivo.
Kredivo adalah kartu kredit digital berupa aplikasi di smartphone yang dapat kamu download melalui appstore atau google play store. Kredivo memberikan kemudahan untuk kamu dengan beli sekarang dan bayar nanti. Jika kamu memilih cicilan dalam waktu 30 hari maka tanpa dikenakan bunga atau dengan cicilan 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan dengan bunga 2.95% per bulannya. Untuk pemesanannya sendiri, metode Cicilan Kartu Kredit lazada mengenakan tarif minimal pesanan dari Rp 1.000.000 hingga maksimal Rp 1.000.000.000.
Namun pembayaran kredivo hanya  tersedia di kota: Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang dan Medan.
Saat ini, lazada belum melayani cicilan melalui COD ataupun Bank transfer. Namun nanti akan diberikan informasi kepada para penggunanya apabila program cicilan untuk COD atau Bank transfer telah tersedia.

Virtual Account

Virtual Account (VA) adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank untuk setiap pelanggan. Apabila kamu memilih metode pembayaran dengan virtual account, nomor rekening tujuan pembayaran akan selalu berubah-ubah setiap kali kamu melakukan pemesanan.
Perbedaan antara virtual account dibandingkan secara manual adalah proses pembayaran transfer dengan virtual account lebih efisien dan cepat dikarenakan tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran.
Virtual account dikenakan biaya tambahan jika transaksinya dilakukan melalui rekening bank yang berbeda dan besarnya biaya tergantung kebijakan masing-masing bank. Contohnya jika kamu melakukan pembayaran dari rekening BRI ke rekening BNI virtual account.

Indomaret dan Alfamart

Metode pembayaran ini bisa dilakukan di semua alfamart dan indomaret seluruh indonesia dengan cara memilih metode pembayaran “Bayar di counter” kemudian pilih via Alfamart atau Indomaret. Untuk ketentuannya sendiri, lazada memberikan batas minimal pesanan dari Rp 50.000 hingga batas maksimal pesanan Rp 5.000.000. Untuk pembayarannya, kamu bisa menggunakan uang tunai atau kartu debit dan tidak berlaku untuk kartu kredit.

Jasa Pengiriman Lazada

Lazada bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman seperti TIKI, JNE, Pos Indonesia, Go Send, Si Cepat Express, Grab, Ninja Express, First Logistics, RPX dan kurir pengirimannya sendiri, Lazada Express.
Pilihan pengiriman di lazada yaitu Pengiriman Standar (Standard Shipping) dengan estimasi waktu untuk produk lokal, lamanya pengiriman akan disesuaikan dengan lokasi pengiriman sedangkan untuk produk internasional, produk dapat diterima dalam waktu maksimal 55 hari kalender dan cakupan wilayahnya untuk semua area.
Lain halnya dengan Pengiriman Cepat (Express Shipping) dengan estimasi waktu untuk pengiriman akan dilakukan 1 hari setelah pemesanan dan pembayaran diterima sebelum pukul 14.00 WIB. Pengiriman akan dilakukan 2 hari apabila pemesanan atau pembayaran diterima setelah pukul 14.00 WIB dengan ketentuan Pengiriman cepat hanya dilakukan pada hari senin hingga jumat. Untuk cakupan wilayahnya sendiri yaitu Jakarta, Depok, Surabaya dan Medan.

Lazada Seller

Bagi kamu yang ingin menjadi penjual online shop, Lazada menyediakan tempat bernama Lazada Seller agar kalian bisa berbisnis online dengan mudah. Keuntungan yang akan kamu dapat jika berjualan di lazada yaitu Bebas Penalti, Gratis Ongkir dan Bebas Komisi. Tak hanya itu, Lazada merupakan platform online shop nomor 1 di Asia Tenggara, hal tersebut bagus untuk mempromosikan bisnis kamu karena lazada sendiri memiliki lebih dari 560 juta potensi pembeli dimana para calon pembeli berkunjung ke lazada lebih dari 48 juta kunjungan perbulannya.
Jika kamu bingung bagaimana caranya jualan online, hanya di Lazada kamu bisa mendapatkan akses gratis untuk pelatihan dan webinar (kelas Lazada) agar kamu berhasil dalam dunia bisnis online, kapanpun dan dimanapun. Lazada University menawarkan kelas online dan offline, situs pelatihannya sendiri bisa kamukunjungi di university.lazada.co.id. Penjual akan diberikan dukungan training, marketing dan data terdepan untuk memaksimalkan pendapatan dari bisnisnya.
Kemudahan lainnya juga adanya Seller Center yang dapat membantu para penjual. Seller center kini juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan kamu menjalankan bisnis kapan dan di mana saja. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi langsung untuk informasi penting, seperti ketika stok produk sudah habis, ada pesanan baru, laporan penjualan harian dan juga saat produk pesanan dikembalikan, dibatalkan atau sudah terkirim. Ada pula tim support center yang akan menjawab semua pertanyaanmu untuk memastikan kamu memiliki pengalaman berjualan online terbaik dan terpercaya.
Fasilitas selanjutnya yang dapat kamu rasakan manfaatnya sebagai penjual di Lazada adalah layanan logistik kelas dunia. Lazada akan membantu kamu untuk memastikan produk terkirim di manapun pelanggan berada. Lazada akan menangani semua proses pengiriman dan layanan pelanggan agar kamu dapat fokus untuk menghadirkan produk terbaik dengan harga paling menarik kepada para pelanggan. Lazada juga dapat membantu kamu untuk menangani semua pesanan, mulai dari penyimpanan, pengambilan, pengepakan, hingga pengiriman dengan fitur FBL atau fulfillment by Lazada.


Lazada sudah menjadi situs jual beli online terpercaya dikalangan masyarakat dengan kemudahan dan keamanan yang diberikan. Hal tersebut membuat lazada menjadi toko online dengan pertumbuhan tercepat di dunia yang manawarkan pengalaman belanja online cepat, aman dan nyaman dengan produk- produk dalam kategori yang cukup banyak mulai dari fashion, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, peralatan olahraga dan masih banyak lagi.
Lazada juga selalu berjuang untuk memberikan pelayanan yang terbaik termasuk dengan menawarkan beberapa metode pembayaran, pengembalian gratis, layanan konsumen yang baik dan garansi komitmen. Sebagai situs belanja online terbaik di Indonesia, Lazada selalu menyediakan deretan produk tak terhitung jumlahnya yang selalu di update tiap hari. Lazada selalu memastikan bahwa para pelanggan mendapatkan penawaran terbaru dan terbaik lewat promo-promo yang diberikan.
Sesuai dengan tagline Lazada, "Effortless Shopping" atau "Belanja gak pake ribet" Lazada Indo menawarkan solusi untuk masyarakat Indonesia agar dapat menikmati berbagai kemudahan dalam berbelanja online.

Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya