Apa itu Bancassurance?

Apa itu bancassurance

Apa itu Bancassurance?


Definisi Bancassurance

kisahidup.com - Mungkin bagi kamu yang masih awam dalam dunia asuransi agak sedikit bingung mengenai apa itu Bancassurance. Sedikit informasi, Bancassurance adalah suatu layanan dari Bank dalam memasarkan produk asuransi yang berfungsi untuk memberikan perlindungan serta investasi agar memenuhi kebutuhan finansial jangka Panjang untuk nasabah. Secara sistem, Bancassurance memiliki potensi hasil produk investasi yang lebih tinggi, akan tetapi memiliki risiko investasi yang lebih besar serta hasil dari investasi tidak dijamin oleh Bank. Jenis asuransi ini merupakan hasil kerja sama antara Bank dan Perusahaan Asuransi dimana nantinya akan dipasarkan melalui Bank. Bancassurance memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak dimana Bank dapat menjual produk tambahan kepada nasabahnya sementara Perusahaan Asuransi akan mendapatkan konsumen tambahan. Masih penasaran dengan apa itu Bancassurance serta keuntungan apa yang akan kamu dapatkan?

Keuntungan menggunakan Bancassurance

Secara umum, produk asuransi Bancassurance memiliki kesamaan dengan produk asuransi lainnya, yaitu Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Syariah, Unit Link dan lainnya. Namun, Bancassurance memiliki keutungan tambahan dari produk asuransi lainnya yaitu sebagai berikut:
1. Selain asuransi, Bancassurance bisa dijadikan sebagai tabungan, perencanaan keuangan, serta investasi.
2. Nasabah dapat melihat perkembangan dari dana investasi setiap hari.
3. Terdapat pilihan dana investasi yang beragam, jika nasabah menginginkan hasil yang tinggi maka risiko yang didapat pun sepadan, begitu pun sebaliknya.
4. Jika suatu saat nasabah ingin menambahkan perlindungan jiwa, namun sudah memiliki Bancassurance, itu tidak masalah. Nasabah bisa memilih jumlah perlindungan jiwa sesuai dengan kebutuhannya.
5. Ingin menambah atau menarik tabungan sewaktu-waktu? Itu pun tidak masalah karena hal tersebut tidak mempengaruhi manfaat perlindungan.

Kewajiban Nasabah Bancassurance

Bagi kamu yang sudah memutuskan ingin menjadi salah satu nasabah Bancassurance, perlu kamu ketahui beberapa kewajiban yang harus kamu lakukan, yaitu sebagai berikut
1. Kamu wajib membayar premi yang telah ditetapkan sebelumnya pada saat pembuatan perjanjian polis, pembayarannya pun harus berkala, setiap bulan, atau 6 bulan, atau tahunan.
2. Kamu wajib memberitahukan ke perusahaan asuransi jika ada perubahan mengenai polis.
Catatan: premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan secara berkala sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaanya dalam asuransi.

Hak Nasabah Bancassurance

Setelah kamu selesai menunaikan kewajiban, kamu akan mendapatkan Hak Nasabah Bancassurance. Perlu kamu ketahui, terdapat beberapa hak yang akan kamu miliki sebagaii nasabah Bancassurance, antara lain:
1. Kamu akan mendapatkan uang pertanggungan, sama seperti pada asuransi lainnya.
2. Kamu akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan serta perubahan yang terjadi pada Bancassurance terkini.
3. Pada produk Bancassurance tertentu, kamu akan mendapat tambahan pertanggungan terhadap penyakit kritis, meninggal karena kecelakaan, rawat inap, cacat tetap total dan lain sebagainya.

Salah satu perusahaan asuransi yang telah menerapkan metode Bancassurance ialah Prudential, yang memiliki tujuan untuk memperluas jangkauan kepada masyarakat dalam mensosialisasikan pentingnya perlindungan asuransi. Prudential telah bekerja sama dengan berbagai bank yang ada di Indonesia, antara lain: BII (Bank International Indonesia), Permatabank dan PT Bank UOB. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah nyata memajukan perkembangan Bancassurance di Indonesia serta perlunya asuransi dan investasi dalam satu wadah.

Kesimpulannya bahwa Bancassurance adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin mendapatkan kemudahan berasuransi serta berinvestasi dalam satu tempat. Dimana kamu bisa melindungi harta benda serta dapat menambah atau menyimpan tabungan dalam satu perusahaan. Jadi tunggu apa lagi? Demikian artikel mengenai Apa itu Bancassurance, jika kamu punya pertanyaan atau ingin menambahkan hal mengenai Bancassurance, silakan memberi komentar dibawah. Terima kasih..

Previous
Next Post »