Usai Melahirkan, Haid Tetap Lancar dan Teratur dengan Cara Ini

Cara Agar Haid Tetap Lancar dan Teratur Usai Melahirkan

Cara Agar Haid Tetap Lancar dan Teratur Usai Melahirkan

kisahidup.com - Normalnya, siklus menstruasi akan terhenti selama beberapa bulan setelah proses melahirkan. Ketika siklus menstruasi datang kembali, waktunya bisa datang lebih awal atau lebih lambat dari biasanya dan berlangsung selama berbulan-bulan. Hal ini normal terjadi. Penyebab haid tidak teratur tanggalnya usai melahirkan adalah akibat berbagai perubahan hormonal dalam tubuh. Selain itu, Ibu yang menyusui anaknya cenderung berovulasi lebih lama, sehingga siklus menstruasi pun berlangsung lebih lambat dari biasanya. Namun, seiring waktu, tubuh akan menyesuaikan diri dengan rutinitas yang biasa, meski waktu untuk proses ini bervariasi antara wanita satu dengan yang lainnya. Tak perlu khawatir, karena ada banyak cara melancarkan haid setelah melahirkan, diantaranya:

1. Mengembalikan berat badan menjadi lebih ideal dengan rutin berolahraga, mengingat berat badan adalah parameter penting dalam menentukan siklus menstruasi supaya dapat kembali normal. Selain itu, olahraga rutin juga sangat membantu anda memulihkan keseimbangan hormon dalam tubuh.

2. Memiliki pola makan yang sehat dan bergizi guna mengembalikan nutrisi yang hilang selama kehamilan dan persalinan, yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Seluruh jenis asupan tersebut menyediakan nutrisi mikro yang penting untuk perbaikan dan pemulihan tubuh, serta memperbaiki ketidakseimbangan hormon.

3. Mengelola Stres, karena stres memengaruhi tubuh dan pikiran. Apalagi wanita yang baru melahirkan pasti mengalami stres karena kurang tidur, yang mana hal ini secara langsung mempengaruhi kadar hormon, menyebabkan keterlambatan tubuh dalam memulihkan siklus menstruasi kembali ke keadaan normal.

4. Hindari kontrasepsi karena hanya akan mengganggu siklus ovulasi dan tentunya semakin menunda proses mendapatkan siklus menstruasi yang normal. Pilihan lainnya adalah dengan memilih kontrasepsi aman yang tidak mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi vitamin seperti Vitamin D dan vitamin B. Perolehan vitamin D bisa dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi hingga meresap ke dalam tubuh Anda, atau memasukkan produk susu ke dalam menu harian Anda. Sedangkan untuk mendapatkan vitamin B bisa dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, daging, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

Demikian artikel mengenai Cara Agar Haid Tetap Lancar dan Teratur Setelah Melahirkan. Bila ada hal yang ingin ditanyakan, silakan kirim melalui kolom komentar. Sekian dari kisahidup, see you guys.. 

Previous
Next Post »